Sunday 10 September 2017

Tips Membuat lengkungan Otomatis dengan Fillet di Coreldraw

Halo, Sobat apa kabar semuanya.
Baru kali ini Saya dapat menyapa kalian semua, kali ini saya ingin berbagi tips coreldraw yaitu Membuat lengkungan Otomatis dengan Fillet di Coreldraw. 
Nah biasanya nih Saya pribadi membuat bentuk melengkungnya dengan  cara manual.

Namun seiring waktu yang terus berjalan pastilah jenuh dengan cara yang lama jadi saya kepikiran untuk mencari  cara yang lebih mudah dan cepat. Akhirnya dapat dan langsung bisa dipraktekkan Yaitu dengan menggunakan Fillet, nah bagaimana caranya ?
Sobat dapat langsung menyimak langkah-langkahnya di bawah ini. 


1. Pertama – tama buka aplikasi Coreldraw yang dimiliki, nah disini kita akan membuat bentuk sederhana yang sudah ada di menu Toolbox yakni bentuk bintang. Tujuan Saya adalah melengkungkan bentuk runcing dari bentuk bintang tersebut.

2. Lihat bagian segitiga pojok pada Polygon di menu Toolbox, klik lalu akan muncul beberapa tool-tool yang dapat kita gunakan. Namun seperti yang telah kita bicarakan pada point pertama kita akan menggunakan Star Tool. Seperti yang ada pada gambar di bawah ini.


3. Selanjutnya kita gambar bentuk bintangnya dengan menggunakan Star Tool tersebut dengan ukuran 10 cm dan akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.


Ubah Number of point dari bintang tersebut menjadi 20 dan Sharpness dari bentuk bintang menjadi 7.

4. Langkah selanjutnya adalah merubah bagian yang runcing tersebut menjadi curve atau melengkung dengan cara memilih Fillet pada Menu WINDOW – DOCKER – FILLET/SCALLOP/CHAMFER.



Perhatikan pada Bagian Operation pilih Fillet dan Radius isi dengan 0,5 cm.

5. Setelah itu klik tombol Apply dan bentuk yang runcing tadi akan menjadi melengkung seperti pada gambar dibawah ini.


Sekarang Sobat dapat berkreasi dengan kreatifitas yang dimiliki mungkin dengan menambahkan warna, teks atau bentuk lainnya. Semoga tutorial sederhana ini dapat membantu dan semoga bermanfaat.

Terima kasih
Disqus Comments